Upaya Peningkatan Kepuasan Tenaga Kesehatan Terhadap Dukungan Penerbitan Surat Tanda Registrasi (STR)

  • Laila Nur Rokhmah
  • Yuni Ramawati Kementerian Kesehatan
Kata Kunci: tingkat kepuasan, tenaga kesehatan,surat tanda registrasi

Abstrak

Tenaga Kesehatan yang akan menjalankan praktik wajib memiliki Surat Tanda Registrasi (STR). Pengajuan STR dilakukan melalui daring/ online Untuk perbaikan berkelanjutan layanan dukungan penerbitan STR tenaga kesehatan, telah dilaksanakan Survei Kepuasan Tenaga Kesehatan terhadap Dukungan Penerbitan STR yang bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik Tenaga Kesehatan, mengukur indeks kepuasan Tenaga Kesehatan terhadap dukungan penerbitan STR, menganalisis faktor yang mempengaruhi kepuasan Tenaga Kesehatan dan memberikan rekomendasi perbaikan layanan dukungan penerbitan STR Tenaga Kesehatan.

Survei kepuasan telah dilaksanakan terhadap 3.758 responden secara online dimulai tanggal 17 Juli s.d 23 Agustus 2023. Dari hasil survei diperoleh Indeks Kepuasan Tenaga Kesehatan terhadap Dukungan Penerbitan e-STR semester 1 tahun 2023 sebesar 83,50% (sangat puas) dan berdasarkan hasil analisis Importance Performance Analysis (IPA),, indikator “Petugas dapat memberikan solusi atas kendala yang ditemukan” menjadi prioritas utama. Faktor yang paling mempengaruhi Kepuasan Tenaga Kesehatan terhadap Dukungan Penerbitan e-STR adalah Penanganan Kendala. Oleh karena itu, perlu upaya peningkatan dalam penanganan kendala tenaga kesehatan dalam mengurus STR.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Buku
Badan Standardisasi Nasional. 2015. Sistem Manajemen Mutu-Persyaratan. Quality Management Systems-Requirements.
Irawan, H. 2007. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan Cetakan kesembilan. Jakarta: Elex Media Komputindo
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. 2018. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. McGraw-Hill Education.
Jurnal
Martilla, J. A., & James, J. C. 1977. Importance-Performance Analysis. Journal of Marketing, 41(1), 77-79.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. 1985. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 49(4), 41-50.
Dokumen
PT Ayaskara Nisita Synergy. 2023 Laporan Progress Hasil Survei Kepuasan Pelanggan Semester I Tahun 2023.
Peraturan Perundang-Undangan
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan. 8 Agustus 2023. Lembaran negara Republik Indonesia Tahun 2023 Nomor 105.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 29 Tahun 2020 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Sekretariat Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia. 24 Juli 202. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2023 Nomor 584.
Diterbitkan
2023-12-31